FEELING KOREA (UNPAS-Chonbuk National University)

by - 9:48 AM

안 녕 하 세 요.
저는 Rara 입니다.
저는 인도네시아 사람입나다.
만나서 반갑습니다.

Rara's wearing Hanbook in Hanook Village


Welcome to my story #2016.
Tanggal 8 Mei 2016-19 Mei 2016 adalah student exchange saya dengan teman-teman ke Universitas di Korea Selatan. Universitas tersebut bernama Chonbuk National University. Kenapa sih bisa ikutan student exchange? Apa aja yang dilakuin disana? Menggunakan bahasa apakah? Ada syarat tertentukah? Bagaimana rasanya tinggal disana? Ok, let me explain all about my story student exchange di CBNU ya 👩


Batu Chonbuk National University (near our dorm)

Unpas with Mr. Choi


Untuk informasi beasiswa apapun sebenarnya bukan kita yang menunggu, tetapi mencari informasi mengenai beasiswa tersebut. Seems like this, informasi mengenai pertukaran mahasiswa. Setelah mengikuti persyaratan yang diajukan, akhirnya saya bisa mengikuti exchange program pada bulan Mei. Dan sebenarnya, program ini adalah program pertama kalinya yang berada di Universitas Pasundan. Dalam exchange program kali ini dari berbagai jurusan dan angkatan berjumlah 15 orang dan yang mendampingi Pak Dadang selaku Humas Unpas, Pak Jaja dan Pak Deden dari perwakilan Rektorat.

Well, lanjut mengenai bahasa. Sangat jujur bahasa inggris saya mungkin sangat jauh dari kalian yang bisa nyorocos sangat bagus. Dengan kemampuan sedikit berbahasa inggris dan percaya diri serta kamus dalam handphone akhirnya percakapan saya dengan mahasiswa disana pun lancar-lancar saja sejauh ini. Selain itu, bahasa korea pun sebenarnya wajib kita ketahui karena pada tempat umum, perbelanjaan, tempat makan jarang sekali yang bisa berbahasa inggris. Jika tidak bisa berkomunikasi melalui visual, akhirnya bahasa isyarat pun tercipta.

Selama hampir 12 hari, jadwal sudah diatur oleh pihak kampus.Untuk weekday pukul 09:00-12:00 dipergunakan untuk belajar bahasa korea, 14:00-16:00 dipergunakan untuk mempelajari budaya korea. Dan weekend untuk jalan-jalan bersama.

Cuaca korea pada saat itu tepatnya di Jeonju sangat dingin, berkisar 10 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Untuk kesehariannya akan saya ceritakan. Subuh waktu Jeonju pada pukul 03:30, magrib waktu Jeonju pada pukul 20:00. Artinya waktu malam hari lebih sedikit dibandingkan siang hari. Seperti baru terlelap di tempat tidur namun ayam langsung berkokok. Dengan dormitory yang sangat nyaman, segala aktivitas pun semangat untuk dikerjakan. Dalam dormitory khusus dosen dan tamu disediakan 2 tipe kamar, 1 orang/kamar atau 2 orang/kamar. Saya memilih untuk 2 orang/kamar yaitu bersama Teh Iis (Teh; read: Kakak perempuan). Fasilitas didalam kamar yaitu tempat tidur, meja belajar, lemari, kamar mandi, dapur, tempat sepatu, dan pendingin/pemanas ruangan.


Dorm Part1
Dorm Part3
Dorm Part2

Berbicara mengenai fasilitas lagi, setiap sarapan, makan siang, dan makan malam sudah satu paket dengan asrama. Fyi, setiap gedung asrama memiliki cafetaria masing-masing. Menu makanan pun dijaga kalori dan kesehatannya jadi tak perlu khawatir dengan perut kosong karena sudah disediakan oleh pihak kampus untuk seluruh mahasiswa CBNU. Lanjut mengenai program pembelajaran bahasa korea di gedung bahasa. Setiap harinya kita berjalan kaki menuju gedung tersebut kira-kira 5-10 menit dengan jalan kaki ala orang Indonesia (alias lambat).

Untuk belajar bahasa korea, dengan sistem pembelajaran yang tidak membosankan membuat saya cepat dalam mempelajari bahasanya. Oh ya, biasanya didalam gedung terdapat banyak machine coffe or drink, jadi tak perlu khawatir untuk merasa kehausan. Dalam satu kampusnya pun terdapat banyak minimarket dan penjual makanan sehingga lingkup perkuliahan sangatlah mendukung.

Belajar budaya korea seperti dying, menari, membuat kipas sederhana, serta menggunakan hanbook merupakan hal wajib kita coba selama di Negeri orang disamping menambah pengetahuan budaya kita ya. Namun jangan salah, kami semua menampilkan tari tradisional khas Indonesia yaitu jaipong pada saat pembukaan acara pertukaran mahasiswa ini. Rasanya sangat bahagia bisa menari dan menampilkan budaya Indonesia di Negri orang. Semoga kalian pun bisa merasakannya yah!


You May Also Like

0 Comments